Saturday, October 19, 2019

Obat untuk Meredakan Mual

Posted by Ayied Muhammad Riduan on 1:04 PM with No comments
Mual dan muntah merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering terjadi pada seseorang. Mual dan muntah dapat disebabkan karena banyak hal, sehingga jenis obatnya juga beragam.  Obat mual dan muntah yang dapat digunakan untuk mengatasi mual dan muntah seperti anetesi sebagai obat mual muntah setelah operasi atau obat kemoterapi.

Anda dapat mengunjungi link https://www.goapotik.com/produk/vometa-ft-10-mg-tablet-99 untuk informasi lebih lanjut. Jenis obat mual dan muntah berfungsi untuk memblokir kerja saraf di otak dan pada sistem pencernaan yang menyebabkan refleks muntah.

Mual

Pilihan Jenis Obat Mual dan Muntah Berdasarkan Penyebabnya

Berikut ini pilihan jenis obat mual dan muntah yang paling umum digunakan dan dikelompokkan berdasarkan penyebabnya:

1. Obat mual untuk muntaber
Beberapa kasus muntaber (flu perut atau gastroenteritis) membutuhkan obat yang tepat untuk menghilangkan gejalanya. Anda dapat membeli obat tersebut di apotek seperti asam fosfat (Emitrol), natrium sitrat atau dextrose (Nauzene), bismuth subsalicylate (Pepto-Bismo) untuk membantu meredakan mual dan sakit perut ketika tubuh sedang melawan infeksi.

2. Obat mual ketika hamil
Obat mual dan muntah yang diakibatkan morning sickness seperti dimenhydrinate (Dramamine), prometazin (Pantazina), prochlorperazine (Compazine) dan vitamin B-6. Namun jika wanita hamil tidak respon dengan jenis obat di atas, bisasanya dokter akan meresepkan metoclopramide (Reglan).

3. Obat mual muntah akibat mabuk perjalanan
Obat mual yang digunakan untuk mengatasi mual dan muntah akibat mabuk perjalanan adalah dimenhydrinate (Dramamine, Gravol), meclizine (Bonine), domperidone dan diphenhydramine (Phenergan). Obat mual dan muntah tersebut dapat dibeli di apotek atau berdasarkan resep dokter.

4. Obat mual untuk kemoterapi 
Mual dan muntah efek samping dari kemoterapi biasanya dapat diatasi dengan obat yang sudah diresepkan oleh dokter untuk digunakan sebelum dan sesudah menjalankan kemoterapi. Hal itu bertujuan untuk menghindari dan meringankan gejalanya.

Berbagai jenis obat mual yang biasa di resepkan untuk pasien kemoterapi antara lain:

Untuk menghambat reseptor serotonin, seperti dolasentron (Anzemet), ondansentron (Zofran, Zuplenz), palanosentron (Aloxi) dan granisentron (Kytril, Sancuso).
Untuk menghambat reseptor dopamine, seperti olanzapine (Zyprexa) dan procholperazine (Compazine).
Untuk menghambat reseptor NK1, seperti aprepitant (Emend), dexamethasone (DexPak), rolapitant (Varubi) dan Korrtikosteroid.
Categories:

0 comments:

Post a Comment